Ikan Larangan

2 30
Avatar for najmifajar77
3 years ago

Selamat malam Read Cash mania

Cerita dari seorang sahabat, demikian hendaknya judul dari tulisan saya pada malam ini, tapi karna saya mendapatkan kiriman video tentang keindahan sungai dan ikan yang sangat di lestarikan masyarakat setempat, dan dengan ijin sahabat saya tercinta, saya menuliskan cerita tersebut di platform READ.CASH yang super ini.

Setelah saya melihat kiriman video sahabat saya, saya merasa kagum dengan kebersihan sungai tersebut, bersih dan jernih, dan sudah tentu airnya juga terasa dingin dan segar, dan yang paling membuat saya tertarik adalah, masyarakat setempat sangat memelihara sungai ini dan habitat yang hidup di sungai tersebut. Salah satu habitat sungai yang sangat di lindungi dan di jaga kelestariannya adalah Ikan Larangan.

Desa Gasan Gadang kota Padang Pariaman Sumatera Barat, adalah tempat aliran sungai Batang Gasan, di sungai inilah terdapat habitat Ikan Larangan tersebut, dinamakan ikan larangan karena ikan tersebut tidak boleh di ambil sembarangan, baik di pancing atau lainnya, menurut kepercayaan masyarakat setempat, siapa saja yang melanggar aturan dalam menangkap ikan ini, akan mengalami sakit perut setelah ikan tersebut di konsumsi.

Berdasarkan hukum adat masyarakat setempat, ikan ini hanya boleh di panen setahun sekali, dan di lakukan oleh seluruh masyarakat pada waktu yang telah di tentukan, oleh sebab itu ikan ini di namakan Ikan Larangan.

Terlepas apapun nama ikan tersebut, saya memberikan apresiasi bagi masyarakat Desa Gasan Gadang Padang Pariaman, dalam hal menjaga dan melestarikan lingkungan, terutama sungai Batang Gasan tempat hidupnya habitat Ikan Larangan, kepatuhan masyarakat setempat dapat di lihat dari bagai mana mereka menjaga keindahan dan kebersihan sungai Batang Gasan yang terlihat sejuk.

Berikut Video kiriman sahabat tercinta yang berkunjung ke sungai Batang Gasan.

Demikian tulisan saya pada malam ini tentang Ikan larangan dari perjalanan seorang teman dan sahabat tercinta.

Salam sukses buat Sahabat Read Cash.

@najmifajar77

5
$ 0.10
From 1 contributor
Sponsors of najmifajar77
empty
empty
empty
Avatar for najmifajar77
3 years ago

Comments

Yes

$ 0.00
3 years ago

Thank's Hendrikaslee, good lucky for you... Best regards from Gayo Highland, Aceh Indonesia.

$ 0.00
3 years ago