Antologi Cerita Anak ASEAN

0 39
Avatar for irul01
Written by
5 months ago
Topics: Writing

Antologi bisa diartikan sebagai kumpulan dari cerita pendek (cerpen), novel dan lain-lain. Aku melihat arti antologi di wikipedia ensiklopedia bebas. Aku juga baru tahu arti antologi.

Aku menemukan buku ini ketika aku menjelajah untuk mencari materi tentang Matematika di Sekolah Dasar (SD). Aku merasa pemahaman matematikaku di kelas 6 masih kurang.

Aku masuk di website Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa, Kementrian pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Ini adalah website milik pemerintah Indonesia.

Ini adalah buku antologi cerita anak ASEAN. Indonesia adalah salah satu anggota negara anggota ASEAN. Bagaimana dengan negaramu? apakah salah satu anggota negara ASEAN juga?

Cerita-cerita di buku ini tidak hanya dalam bahasa Indonesia saja tetapi ada juga dalam bahasa Inggris, bahasa Melayu, bahasa Thailand, bahasa Filipina dan lain-lain.

Ada 11 cerita di dalam buku ini.

  1. The Princess Lulantatibu dari Indonesia

  2. Umar dan Atuk dari Malaysia

  3. Granpa's and Inka Nasi Lemak dari Singapore

  4. Loy Krathong : A Thai Tradition dari Thailand

  5. Pawikan's Nesting Place dari Philippines

  6. Granma Comes to visit dari Laos

  7. Help Mondul dari Cambodia

  8. Rose Village dari Myanmar

  9. I don't want to eat dari Timor Leste

  10. The story of labi-labi island dari Brunei Darussalam

  11. The green bean festival dari Vietnam

Aku sempat melihat sedikit cerita dari Indonesia. Tentang batik dari suku Dayak Lundayeh.

Aku teringat ketika jaman kuliah dulu. Aku punya teman dari Suku Dayak Lundayeh yang berasal dari kota Nunukan.

Kembali ke buku yang bagus ini.

Buku ini baru di unggah pada tanggal 11 November 2023. Aku merasa beruntung menemukan buku ini.

Sebenarnya aku belum membaca semua ceritanya tapi aku sekilas melihat-lihat setiap ceritanya. Buku ini adalah buku bergambar jadi tentu sangat menarik bagi anak-anak usia sekolah dasar (SD).

Jangankan anak usia sekolah dasar, aku saja sangat tertarik melihat buku ini dari lembaran demi lembaran. Buku ini juga bisa dipelajari untuk menambah pengetahuanmu tentang cerita dari setiap negara anggota ASEAN.

Kamu dari Malaysia, kamu bisa membaca buku ini.

Kamu dari Thailand, kamu bisa membaca buku ini.

Kamu dari Philippines, kamu bisa membaca buku ini.

Jika kamu sudah memiliki anak, kamu juga bisa membaca bersama-sama dengan dia. Buku ini berbentuk buku elektronik dengan file pdf. Kamu bisa melihatnya di smartphone maupun juga di komputer.

Aku tidak bisa berbagi link di sini. Aku bisa berbagi dengan memberikan screenshotnya saja.

1
$ 0.00
Avatar for irul01
Written by
5 months ago
Topics: Writing

Comments